General

6 Jenis Ikan Akuarium Termahal Di Dunia

6 Jenis Ikan Akuarium Termahal Di Dunia – Ikan termahal yang pernah dijual adalah Tuna Sirip Biru, dijual pada bulan Januari seharga $ 3,1 juta di Tokyo. Sementara ikan ini sebenarnya dijual di industri makanan, beberapa ikan akuarium juga dapat datang dengan harga yang sangat tinggi karena mereka sangat dicari.

Ikan biasanya dihargai berdasarkan seberapa langka mereka, keindahan dan keunikannya, dan ketersediaannya. Semakin banyak ikan tersedia, semakin mudah mereka berkembang biak di penangkaran, semakin murah ikannya.

Berikut adalah enam ikan akuarium yang paling indah dan mahal. Ikan yang ditampilkan di sini sangat langka dan sulit didapat, oleh karena itu harganya sangat mahal!

Platinum Arowana – $ 400.000

Platinum Arowana adalah salah satu ikan yang paling mahal di industri akuarium karena warnanya yang indah dan kesulitan membiakkannya di penangkaran. Ikan ini diketahui dijual dengan harga lebih dari $ 400.000. Pewarnaan platinum mereka adalah hasil dari mutasi genetik yang langka, tidak semua Arowanas dihargai sangat tinggi.

Makhluk menakjubkan ini membutuhkan minimal 250 galon tangki ikan karena mereka dapat tumbuh hingga 3 kaki panjangnya. Mereka sulit dirawat dan hanya boleh disimpan oleh aquarists profesional atau berpengalaman.

Ikan ini adalah karnivora sehingga akan membutuhkan makanan daging ikan kecil, siput, serangga dan krustasea. Ini bisa segera menjadi biaya mahal, tetapi jika Anda menghabiskan $ 400.000 untuk ikan, maka biaya mungkin bukan masalah yang perlu dikhawatirkan!

Di Asia, diyakini ikan ini menetralkan pengaruh negatif dan meningkatkan kesehatan, keberuntungan, dan kemakmuran.

Freshwater Polka Dot Stingray – $ 100.000

Ikan pari air tawar yang paling mahal dijual seharga $ 100.000, karena kepalanya yang bermutasi secara genetis unik yang membuatnya tampak seperti huruf U daripada tampilan bundar khas yang dimiliki ikan pari lainnya.

Ironisnya, ikan pari ini tidak akan mampu bertahan hidup di alam liar karena cacat ini, karena ikan pari tidak akan berhasil berburu makanan. Di penangkaran, perlu diberi makan tangan agar bisa bertahan hidup.

Namun demikian, mudah untuk melihat mengapa ikan ini sangat mahal. Dengan tubuh hitamnya yang gelap dan bintik-bintik putih polka dot, sinar ini terlihat indah berenang di lantai akuarium besar.

Tumbuh dengan diameter lebih dari 18 inci, makhluk ini membutuhkan akuarium besar yang setidaknya 500 galon. Mereka adalah ikan yang sangat aktif dengan tingkat metabolisme yang tinggi, sehingga mereka perlu memberi makan dua kali sehari pada ikan kecil lainnya, cacing dan krustasea.

Peppermint Angelfish – $ 30.000

Ikan ini terkenal karena kelangkaan dan keindahannya. Hanya ada satu spesimen yang tersedia untuk dilihat secara publik di seluruh dunia, di Akuarium Waikiki di Honolulu. Akuarium ini ditawarkan lebih dari $ 30.000 untuk ikan tetapi ia memutuskan untuk menjaga ikan dipajang sehingga ribuan orang dapat menikmati keindahannya.

Tampak seperti permen manis, ikan merah dan putih ini hanya tumbuh sekitar 2,5 inci. Ini mungkin ikan terumbu paling mahal, per inci ukuran, yang pernah dilihat dalam hobi.

Ada banyak spesies angelfish lain yang jauh lebih umum tersedia dan lebih mudah dirawat di akuarium hobi.

Sebagian besar membutuhkan minimal 125 galon akuarium, dan perlu diberi makan makanan nabati dan daging yang seimbang.

Masked Angelfish – $ 20.000

Angelfish bertopeng adalah favorit di antara akuarium karang tetapi jarang terlihat di industri. Ikan-ikan ini berlimpah di Kepulauan Hawaii Barat Laut tempat pengumpulan ikan akuarium dilarang keras.

Pertama kali ditemukan pada tahun 1972, ikan ini tumbuh sekitar 8 inci panjang dan tidak seperti kebanyakan ikan lain yang ditampilkan di sini, ikan ini tidak memiliki warna atau pola yang cerah.

Mungkin kesederhanaannya adalah apa yang membuatnya begitu indah, dengan warna tubuh putih marmer yang luar biasa, topeng hitam di mata mereka, dan bibir putih kebiruan.

Ikan-ikan ini memulai hidup mereka sebagai betina dan akhirnya berubah menjadi jantan. Hanya satu atau dua spesimen hidup dari ikan ini yang dikumpulkan setiap tahun, jadi mudah untuk melihat mengapa mereka begitu dicari.

Bladefin Basslet – $ 10.000

Dengan panjang hanya 1,5 inci, sulit membayangkan membayar begitu banyak untuk ikan yang begitu sedikit. Sama seperti ikan lain yang memiliki label harga sangat tinggi, alasan mengapa ikan ini sangat mahal adalah karena warnanya dan kesulitan dalam mengumpulkan spesimen liar.

Bladefin Basslet memiliki tubuh putih dengan tanda merah, dan sirip putih unik yang terlihat seperti pisau – karena itulah namanya!

Sebagian besar Basslets perlu disimpan dalam tangki yang minimal 50 galon, karena meskipun ukurannya biasanya kecil, beberapa dapat menjadi agresif, terutama untuk jenisnya sendiri, sehingga mereka membutuhkan banyak ruang untuk berenang.

Mereka membutuhkan banyak gua dan celah untuk bersembunyi dan merasa nyaman. Mereka adalah karnivora dan akan hidup dengan makanan udang dan krustasea lainnya.

Neptune Grouper – $ 6.000

Neptun Grouper adalah ikan yang sangat berharga yang tidak pernah terdengar dalam perdagangan.

Sementara ada banyak ikan kerapu yang umum di seluruh akuarium, yang satu ini menampilkan warna yang indah yang merupakan salah satu alasan untuk harganya yang mahal. Remaja cenderung bahkan lebih mahal daripada spesimen dewasa.

Dengan tubuh merah muda panas dan pita kuning yang cemerlang, ikan ini hidup jauh di lautan dan sangat jarang ditangkap. Ketika mereka tertangkap, mereka membutuhkan dekompresi dan transportasi khusus untuk memastikan mereka dapat bertahan hidup di penangkaran.

Anda cenderung melihat ikan ini dijual sebagai makanan di Jepang dan Asia Timur. Ada sangat sedikit yang benar-benar membuatnya sampai ke permukaan hidup karena mereka dibesarkan terlalu cepat dan mati karena penyakit dekompresi.